Rabu, 21 September 2011

Persib Seperti Miniatur Timnas

BANDUNG – Manajemen Persib Bandung resmi mengunci skuad musim 2011/2012 yang berjumlah 24 pemain di Kantor PT Persib bandung Bermartabat, Jalan Sulanjana Bandung. Nilai kontrak para pemain tidak sebutkan secara rinci, namun pembelian pemain ditaksir mencapai Rp 13 Miliar.

Dalam merekrut ke-24 pemain tersebut, klub telah melakukan diskusi oleh Tim Empat yang dibentuk PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB). Pembelian kali ini juga sudah melalui proses yang cukup panjang yakni dengan mendatangkan 4 hingga 5 punggawa Merah Putih. Disamping itu, Persib masih mempertahankan pemain yang juga anggota timnas.

Ditemui di sela-sela penadatanganan kontrak, Komisaris PT PBB Kuswara S Taryono membenarkan jika pilihan mendatangkan timnas sebagai rencana untuk membuat Persib berprestasi. Selain itu disinyalir kehadiran pelatih anyar Drago Mamic untuk mendatangkan pilar timnas.

“Kita (Persib) berusaha mendatangkan pemain berkualitas. Pemilihan pemain dilakukan dengan melibatkan komunikasi Tim Empat dan pelatih. Pertimbangan lainnya juga masukan yang kami terima,” ujar Kuswara.

Namun, kata Kuswara, pada prinsipnya Persib sudah berusaha dengan maksimal dalam membangun tim. Pemain dengan talenta di tanah air tersebut diharapkan dapat mendongkrak prestasi Persib. Skuad musim 2011/12 terlebih dulu diperkenalkan pada Rabu (14/9/2011) lalu. Hanya Eka Ramdani yang tidak tercantum lantaran hengkang ke Persisam Samarinda.

“Hari ini kita menjelaskan detail isi kontrak. Kami memberi detail soal hak dan kewajiban kepada para pemain,” ujarnya. Meski terlebih dulu diperkenalkan dan baru sepekan kemudian menandatangani kontrak, Kuswara mengaku hal itu sudah sesuai dengan peraturan yang ada.

“Kontrak disepakati dua pihak. Kita melakukannya sesuai general agreement contract. Secara utuh sudah disepakati isi kontrak kepada pemain dan manajemen tim. Kurang lebih berlangsung selama satu jam,” terang pria yang juga berprofesi sebagai pengacara ini.

Meski tidak lagi diperkuat Eka, Persib masih memiliki satu nama punggawa timnas yakni Hariono. Sedangkan empat pemain anyar yang juga rekan Hariono yakni M Ilham, Tony Sucipto, Muhammad Nasuha, dan anggota timnas U-23 Jajang Sukmara. Pemain lain yang juga akan masuk skuad Pangeran Biru adalah Zulkifli Syukur. Zulkifli berhalangan hadir dan paling telat menandatangani kontrak pada Kamis (22/9/2011) ini.

Skuad Persib semakin komplit dengan kehadiran penjaga gawang Jendri Pitoy. Mantan kiper Persija Jakarta juga tercatat sebagai mantan punggawa timnas. Demikian juga halnya dengan bek Maman Abdurrahman.

Pemain lain yang melengkapi skuad Persib di antaranya Dadang Sudrajat, Cecep Supriyatna, Abanda Herman, Wildansyah, M. Agung Pribadi, Maman Abdurahman, Aliyudin, , Miljan Radovic, Atep, Zdravco Dragicevic, Airlangga Sucipto. Persib juga membawa pemain jebolan Persib U-21 Rizky Bagja, Aldi Renaldi, Sigit Hermawan, Rian Permana, Dudi Sunardi, Budiawan, dan Anggi Indra.

Dana yang dihabiskan untuk skuad musim ini yakni Rp 13 Miliar. Manajer Persib Umuh Muchtar menyatakan, pemain sudah diberikan penjelasan soal detail kontrak. “Sudah dibacakan aturan. Mereka tidak masalah dan sudah setuju. Rata-rata dikontrak selama satu tahun,” tambahnya.

Sebenarnya jumlah pemain yang dijadwalkan menandatangani kontrak hari kemarin adalah 24 pemain. Namun satu pemain yaitu Jajang Sukmara belum bisa bergabung dengan tim karena masih berada di Hongkong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar